Cara membuat blog yang menarik: Isi dan tampilan

Cara membuat blog yang menarik itu dimulai dari tulisan. Mengapa demikian? Karena yang akhirnya dibaca orang adalah tulisan. Itu yang pertama. Yang kedua, kebanyakan orang sekarang mengakses internet dengan handphone. Layout blog, terutama pada halaman beranda tidaklah terlalu penting lagi. Dalam tampilan handphone, beranda blog akan terlihat sebagai perkenalan beberapa artikel saja. Pengaturan bilah sisi, footer, header, tidak akan menonjol di pengguna handphone.

Belum punya blog? baca dulu cara membuat blog dengan berbagai platform.

Cara membuat blog yang menarik dari aspek isi

1. Judul posĀ  yang mengundang

Upayakan membuat judul pos yang mengundang orang untuk mengklik pos. Judul yang mngundang adalah judul yang langsung menawarkan solusi bagi masalah orang, atau menjawab pertanyaan orang. Tentu bukan solusi semua orang. Tapi solusi dari pengunjung yang ditargetkan.

Bila target blog adalah orang dengan masalah berat badan, judul yang mengundang, misalnya, ‘Cara menurunkan berat badan 1 kg. dalam seminggu’.

Menarik atau tidaknya suatu judul kadang juga ditentukan oleh solusi apa yang telah diterima orang? Informasi apa yang telah diterima orang? Kalau kita bisa memberikan yang berbeda, itu akan lebih menarik. Misalnya artikel cara menuntukan beran badan itu sudah banyak, kita buat yang berbeda, informasi yang belum pernah dilihat orang: ‘Hasil riset, 70% orang berhasil menurutkan berat badan dengan cara ini’.

Konon judul yang mengandung angka dan statistik lebih berpeluang untuk diklik orang.

2. Tulisan mudah dicerna

Tulisan yang mudah dicerna itu:

  • Tulisan dengan kalimat pendek. Jadi hindari terlalu banyak menggunakan kalimat yang panjang.
  • Paragran tidak terlalu panjang. Satu paragran harus satu kalimat utama. Tak perlu terlalu detil. 10 kalimat sudah cukup. Bila belum cukup, pecah menjadi 2 paragraf dengan kalimat utama yang berbeda, walupun berkaitan.
  • Gunakan bullet sejauh memungkinkan.

3. Tulisan menjawab pertanyaan orang

membuat tulisan blog menarik, menjawab pertanyaan

Blogger akan mendapat keuntungan bila mengetahui atau memperikaran apa yang ditanyakan orang. Bagaimana membuat blog menarik? itu adalah ide dari tulisan ini. Pikirkan siapa target pembaca, perkirakan apa yang mereka ingin tahu.

4. Tulisan memberikan solusi masalah orang

Solusi juga informasi. Tapi solusi adalah jawaban dari suatu masalah sedang informasi bersifat lebih netral. Bayangkan apa yang menjadi masalah bagi target pembaca? Bila targetnya adalah anak SMA, dan blog mempunyai topik fashion, mungkin mereka punya masalah dalam mencari mencari hijab yang praktis?

5. Tulisan dengan gaya bercerita

membuat tulisa blog menarik, bercerita

Selain harus ringkas, tulisan ada baiknya menggunakan gaya bercerita. Blog itu berisi tulisan informal. Makin bersifat personal bisa menambah daya tarik. Misalnya, blog dimulai dengan: Ini pengalaman pertama saya waktu kelas 1 SMA dan pertama pakai hijab. Gerah. dan seterusnya.

6. Variasi media

Manusia lebih menyukai gambar daripada tulisan. Itu makanya di aplikasi semacam microsoft word atau bahkan chrome berbagai icon dibuat sebagai pengganti tulisan. Manusi lebih menyukai gambar karena dengan gambar mereka lebih mudah mengerti. Itu sifat alamiah. Membaca tulisan itu membuat orang harus mengkorversikan tulisan menjadi gambar di otaknya. Dengan gambar, koversi itu tak diperlukan. Tak heran bila variasi media memeran peran penting dalam cara membuat blog yang menarik.

Maka perbanyaklah variasi media seperti gambar dan video. Gambar ilustrasi, infograph adalah contoh-contoh gambar yang baik ditampilkan.

7. Tampilan huruf

Tampilan huruf menjadi lebih penting ketika kebanyakan orang mengakses internet lewat handphone. Tampilan tidak boleh terlalu besar, tidak boleh terlalu kecil dan tidak boleh terlalu kontras. Untuk masalah besar dan kecil, cara yang paling mudah adalah membandingkan dengan situs berita terkenal seperti detik atau kompas. Mereka sudah cukup riset supaya tulisan nyaman dibaca. Coba-coba saja merubah font dan ukuran, lalu bandingkan. Untuk kontras, bila latar belakang putih, jangan pilih huruf yang benar-benar hitam, tapi sedikit keabuan. Ini akan nyaman di mata pembaca.

Cara membuat blog yang menarik dari aspek tampilan

Ada ribuan pilihan tema di setiap platform blog seperti wordpress.com. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Banyaknya pilihan itu sering membuat blogger bingung. Apalagi rata-rata blogger tidak mempunyai latar belakang disain grafis. Beberapa tips dalam pemilihan tema:

  • Yang utama: Tema harus mobile friendly karena kebanyakan orang sekarang mengakses internet, termasuk blog, dengan handphone. Ini sebetulnya yang penting ketimbang pewarnaan dan tata letak. Tema yang tidak mobile friendly membuat blog tidak enak dilihat saat dibuka di handphone. Entah jadi berantakan, terlalu kecil atau lama dibuka.
  • Pilih tema yang sesuai dengan garis besar topik blog saja. Blog fashion? Blog tentang blogging? blog untuk jualan?
  • Kalau ada uang, pilih tema yang berbayar. Kalau tidak, yang paling aman adalah pilih tema bawaan dari platform. Platform seperti wordpress dan blogger banyak menyediakan tema bawaan. Kalau mau tema gratisan, hanya pilih tema yang sudah mendapat ribuan review yang bagus.
  • Isi dulu blog dengan paling tidak 10 tulisan, baru memikirkan tema. Kadang tampilan tema kelihatan tidak bagus hanya karena blog itu masih kosong.

Penutup

Kesalahan umum dari blogger pemula adalah menghabiskan waktu untui memikirkan tampilan blog. Dengan platform blog yang sudah jadi dan berkembang sedemikian rupa, seharusnya blogger bisa fokus saja pada isi. Bagaimana membuat judul dan isi yang menarik. Tampilan memang menentukan supaya orang lebih betah membaca di blog. Tapi hanya pada keadaan ekstrim, misalnya blog berantakan, sulit dibaca, yang membuat orang segera meninggalkan blog. Isi, adalah yang terpening dalam cara membuat blog yang menarik.

 

Leave a Reply