Cara SEO untuk halaman kategori di wordpress

Ini hasil nahan ngantuk om CJ. Catatan: om CJ bukan ahlinya SEO bukan juga ahlinya wordpress.

Jadi ceritanya, om CJ ingin tau bagaimana mengoptimalkan halaman kategori. Halaman kategori, atau category pages itu adalah halaman yang memuat judul-judul dan sedikit perkenalan dari bejibun postingan. Contoh kalau kita ke situs belanja, kita pilih kategori handphone, muncullah halaman yang berisi semua produk handphone, dengan gambar kecil dan sedikit perkenalan. Itulah halaman kategori.

Belum punya blog? baca dulu cara membuat blog.

Mengapa perlu SEO untuk halaman kategori?

Pada umumnya, sebetulnya, kita tak perlu mengoptimalkan halaman kategori. Kita maksudnya itu blogger. Yang kita optimasi itu adalah pos per pos. Tapi untuk situs belanja online, penting buat mereka untuk mengoptimalkan halaman kategori supaya unggul di mesin pencari. Juga untuk kasus, misalnya situs fotografi atau penyedia gambar, yang ingin mengoptimasi halaman tentang sekumpulan fohto-foto, bukan foto tunggal. Juga, untuk blogger yang memang dari sananya berniat bikin pos dengan minim teks tapi fokus pada gambar seperti situs si fotografer tadi.

Cara SEO untuk halaman kategori

Di wordpress dan platform blogging pada umumnya, SEO bisa saja dilakukan tapi ada beberapa masalah yang harus diperhatikan.

Hambatan:

Halaman kategori itu dibuat otomatis dan bisa berbagai macam yang saling tumpang tindih. Misalnya, kalau kita bikin menu atas dasar kategori, itu halaman kategori. Kita bikin halaman per tag, itu juga halaman kategori. Kita search di blog kita, itu juga bisa termasuk halaman kategori. Karena orang biasanya mengklaifikasikan suatu pos dalam beberapa kategori, juga memberi beberapa tag yang kadang juga sama dengan nama kategori, maka halaman-halaman kategori itu akan banyak yang mirip. Ini tidak menguntungkan bagi usaha kita untuk optimasi halaman kategori. Google tak suka duplikasi.

Halaman kategori juga tak bagus dari segi on-page SEO karena strukturnya yang tak seperti pos biasa. Kalau mengacu ke Yoast, halaman yang bagus itu yang ada title tag nya, ada sejumlah teks (beberapa riset mengatakan panjang teks itu mempengarui ranking di mesin pencari), ada header 1, header 2, ada link eksternal dan sebagainya. Itu tak bisa dilakukan di halaman kategori karena dibuat otomatis oleh wordpress atau tema.

Beberapa alternatif solusi:

Solusi 1: tambah dan tampilkan deskripsi halaman kategori

Solusi pertama adalah membuat deskripsi kategori yang cukup panjang. Ini dalam upaya ‘mengadakan’ teks yang cukup panjang di halaman kategori. Lengkap dengan H2, H3, kata kunci dan sebagainya. Cara ini mungkin memerlukan kita untuk merubah sedikit kode di tema supaya deskripsi itu tampil di halaman kategori. Cara ini juga membuat rada aneh blog, terutama kalau tampil di laptop. Deskripsi itu akan muncul saat mouse meng hover (apa ya istiliahnya? menyapu?) menu yang dtujukan untuk kagori. Bayangkan kalau deskripsinya panjang, itu akan tampang visual yang kurang menyenangkan.

Solusi 2: buat page sendiri

Solusi kedua, ini yang mungkin paling ok, membuat page sendiri, lalu menambah eleman-elemen yang mirip dengan halaman kategori seperti daftar artikel dalam layout grid lengkap dengan thumbnail dan daftar artikel lengkap dalam suatu kategori. Elemen-elemen itu bisa didapat gratis. Untuk daftar artikel dalam layout grid, bisa dicoba pluggin content views. Untuk daftar artikel lengkap, hanya dan link, bisa dicoba pluggin List caetegory posts. Cara ini membuat kita bisa dengan cara yang lebih natural membuat teks yang cukup panjang untuk mengoptimasi kata kunci tertentu.

Apapun solusi yang dipilih, tetap harus diperhatikan beberapa hal berikut:

  • Ada teks yang cukup untuk memberitahukan mesin pencari bahwa ini lho bahasan halaman ini.
  • Kalau banyak gambar, jangan lupa alt tag yang berisi kata kunci yang ditargetkan.
  • Jangan sampai ada duplikasi. Untuk cara yang pertama, hati hati dengan pemberian beberapa kategori untuk setiap pos dan juga, hati hati dengan kategori dan tag yang sama. Untuk cara kedua, ada baiknya halaman kategori dijadikan no index.

Mari sama sama coba.

Leave a Reply