Cara jatuh cinta buat pemula

Pertama kamu harus tau kenapa namanya jatuh cinta? Sebab seperti jatuh, munculnya perasaan asmara itu tak disengaja. Tiba tiba saja kamu merasa kok sama si dia ingin bertemu terus. Kok kepikiran terus. Kok jadi gak bisa tidur? Begitulah adanya. Tidak direncanakan seperti orang jatuh. Kalau direncanakan mungkin namanya jadi lompat cinta.

Sama seperti jatuh pada umumnya, jatuh cinta juga bisa menimbulkan cedera. Itu kamu harus tau. Supaya nanti tidak kaget lalu bikin lagu love hurts dan gak percaya lagi sama yang namanya cinta. Juga supaya kamu bisa antisipasi, supaya cederanya, kala ada, tidak terlalu parah.

Panduan jatuh cinta

1. Cintailah dulu diri sendiri.

cintai diri sendiri

Pada siapapun kamu jatuh cinta, tetaplah kamu mencintai dirimu sendiri. Kalau tidak mencintai diri sendiri, kamu akan terjebak dalam hubungan yang penuh drama. Cinta itu perasaan yang kuat yang bisa menghanyutkan dan menenggalamkan. Hanya bila kamu mencintai diri kamu, kamu berenang ke tepian ketika perasaan itu ternyata membawa kamu ke air terjun.

2. Jangan berkata dialah segalanya bagi kamu.

Dia bukan segalanya. Di sekeliling kamu ada keluarga, ada Ayah, Ibu, saudara dan teman. Dia cuma satu dari ratusan orang yang kamu kenal.

3. Jangan terlalu dekat.

Kata Kahlil Gibran, kalau jatuh cinta sisakan ruang. Disitulah tempat cinta menari-nari. Kalau terlalu dekat hanya ada nafsu. Maka tak heran kalau orang yang pacaran jarak jauh cenderung bisa lebih awet. Sebab dalam jarak antara mereka itulah ada cinta yang menari.

4. Jangan ambil keputusan penting.

Jatuh cinta itu beda dengan cinta. Dari jumlah katanya saja beda. Cinta sebenarnya itu tumbuh ketika kamu tersadar setelah jatuh. Mengambil keputusan besar saat jatuh cinta itu sama saja seperti memutuskan kuliah saat kamu pingsan.

5. Atasi rindu dengan kotoran

Jangan terlalu terbawa perasaan sampai tak mau mandi. Kasihan orang di sekitar kamu. Kalau terlalu rindu, minta saja si dia mengirimkan kotorannya pada kamu. Bungkus pakai kertas dan kaus kaki supaya masih bisa tercium baunya. Dijamin rindu itu hilang. Ini ajaran seorang pendeta Budha yang bisa diterapkan dan efektif dengan minimal efek samping.

6. Jangan jadi sama

Jangan mencoba membuat kamu berdua jadi sama. Pendapat sama, kelakuan sama. Sebuah orkestra itu terdiri dari banyak alat musik. Harmoni itu adalah membuat yang berbeda jadi indah, bukan membuat yang berbeda jadi sama.

7. Jangan anggap selamanya

Sekali lagi, jatuh cinta itu bukan cinta yang sebenarnya. Jatuh cinta itu masalah perasaan. Cinta itu masalah komitmen. Kata ahlinya, jatuh cinta itu namanya infatuation. Orang kita bilangnya kasmaran. Itu mekanisma alamiah supaya kita berdekatan dengan lawan jenis dan mau melakukan beberapa hal untuk keberlangsungan makhluk (alias bereproduksi). Sebagai manusia lebih maju, sekarang tentu tak bisa lagi jatuh cinta langsung bereproduksi. Sekarang Kita menggunakan perasaan itu sebagai titik pangkal untuk hubungan yang lebih langgeng. Tapi perasaan itu sendiri tidak langgeng. Yang namanya jatuh itu tidak langgeng. Yang nantinya langgeng adalah komitmen untuk mencintai.

8. Kalau kamu putusan

Kalau kamu putsan atau cinta bertepuk sebelah tangan, cepat cari lagi. Bukan cuma masalah gengsi, tapi karena ‘cinta’ yang baru akan membuat kamu melupakan ‘cinta’ yang lama. Kalau kamu ternyata tak bisa melupakan yang lama, itu artinya kamu cuma pura-pura jatuh cinta kepada yang baru. Itu termasuk hoax dan tidak baik.

Leave a Reply